Banner 468 x 60

Loading...

KEUTAMAAN MENGHAFAL AL-QUR’AN

Advertisement


KEUTAMAAN MENGHAFAL AL-QUR’AN



A. CARA RASUL MENYAMPAIKAN AL- QUR’AN KEPADASAHABAT DAN MENYURUH MENULISNYA.

KEUTAMAAN MENGHAFAL AL-QUR’AN

            Tiap – tiap nabi telah menerima ayat – ayat yang di turunkan, nabi lalu membacanya di hadapan sahabat, serta menyuruh para “kuttab” ( penulis wahyu ) menulisnya setiap telah cukup se-surat turunya, nabi memberi nama kepada surat lain sebagai tanda yang menbedakan surat itu dengan surat yang lain nabi menyuruh meletakan “ Basmalah” dipermulaan surat yang baru, atau di akhir surat yang terdahulu letaknya.


            Demikian pula di tiap – tiap turun ayat, nabi terangkan tempat meletakan ayat – ayat itu nabi katakan : Letakan ayat ini sesudah itu di surat Al – baqarah. Umpanya. Sedemikian perbuat sehingga sempurnalah Al – qur’an itu di turunkan dalam tempo 23 tahun lebih kurang ( 22 tahun 2 bulan 22 hari ).


            Oleh karena yang demikian, terdapatlah banyak benar sahabat yang menghafal Al – qur’an. Di antara mereka bnayak pula yang menulis ayat suci itu seraya menghafalnya








B. PARA PENULIS WAHYU YANG TERKENAL

            Diantara Para Juru  tulis Rasul yang masyhur ialah :


1.     Abu bakar

2.     Umar

3.     Usman

4.     Ali

5.    Annur ibn fuhairah, ammir inilah yang menjadi juru tulis surat – surat nabi yang di kirimkan kepada beberapa orang raja untuk menyeru mereka kepada islam

6.     Ubay ibn ka’ab beliau inilah yang mula – mula menjadi jujru tulis nabi dari golongan anshar beliau ini juga seorang yang banyak menulis wahyu

7.     Tsabit ibn Qais ibn syammas

8.     Zaib ibn tsabit

9.     Mu’awiyah ibn Abi sofyan

10. Yazid saudara muawiyah. Muawiyah dengan zaid ibn tsabit, memang semata – mata menjadi juru tulis nabi.

11. Al mughriah ibn Sayu’bah

12. Az zubair ibn Al’auwam

13. Khalid ibn Ash

14. Al – ala al hadromi

15. Amir ibn ash

16. Muhammad ibn maslamah


C. SAHABAT YANG MENGHAFAL AL – QUR’AN SEPENUHNYA

            Kata ibnu Atsir Al jazari dalam kitab An nasir sahabat yang manghafal Al- qur’an di masa nabi masih hidup banyak sekali. Mereka tidak memerlukan menulis al – qur’an oleh karena mereka sangat baik menghafalnya.


            Diantara Para Sahabat Yang Menghafal Al – Qur’an Seluruhnya :

1.     Abu bakar Ashshiddiq r.a

2.     Umar ibnul khatab  r.a

3.     Usman ibn Affan r.a

4.    Ali ibn Abi thalib r.a

5.     Thalhah

6.     Sa’ad

7.     Huzaifah

8.     Salim

9.    Abu khurairah

10. Abdullah ibn mas’ud

11. Abdulah ibn umar

12. Abdullah ibn abbas

13. Amir ibn ash

14. Abdullah ibn amir – ibn ash

15. Muawiyah

16. Ibnu zubair

17. Abdullah ibn assa – ib

18. Aisyah umul mu’minin r.a

19. Hafsah umul mu’minin, hafsah ini juga terhitung seorang ahli tulis pada masa itu. Semua beliau – beliau ini dari golongan muhajirin

20. Ummu salamah umul mu’minin

21. Ubay ibn ka’ab

22. Mu’adz ibn jabal

23. Zaid ibn tsabit

24. Abu darda’

25. Abu zaid ( Qois ibn sakan ibn qois ) menurut pendapat Al - waqidy

26. Majma’ ibn jariah ( haritsah )

27. Annas ibn malik

Semua beliau – beliau ini dari golongan anshar.


Selain Dari Pada Itu Terdapat Lagi Beberapa Shahaby, Yaitu :


1. Ubaidah ibn shamit

2. Fudlalah ibn ubaid

3. Marlamah bin khalid

4. Qois abi sha’sha ah

5. Tamim ad dary

6. Uqbah ibn amir

7. salamah ibn makhlad

8. Abu musa al asy ari’ary


            Kata AS syuthy : “ saya telah mendapati pula seoarng wanita shahabyah yang menghafalkan seluruh Al – qur’an yang tidak di masukan namanya kedalam barisan penghafal seluruh Al – Qur’an, yaitu ummu waraqah binti Abdullah ibn Al Harits, seringkali kali Rasuullah mengunjunginya dan Rasul SAW. Meramalnya Shahidah. Baelia menghafal seluruh Al – qur’an di zaman Nabi  dan beliau dijadikan umam untuk seisi rumahnya. Beliau ini terbunuh dalam dalam masa pemerintah umar hamper penjelas Umar Wafat, Belia pernah berkata : “ telah benar apa yang diterangkan Rasul. Rasul sering berakata mari kita pergi kerumah wanita syahidah.Kisah lengkapnya dapat dibaca dalam Thabatqat Ibn Sa’ad.


            Kata An Nuwalry dalam syarahnya terhadap kitab Ath Thaiyabah : “ kalau anda berkata, apabila ditetapkan bahwa yang mengumpulkan Al – qur’an dimasa Raul SAW. Sahabat – sahabat yang telah disebut namanya, mak bagaimana kita kumpulkan keterangan itu dengan perkataan Annas, bahwa yang mengumpulkan Al – qur’an di masa Rasul ada 4 orang.

          

Dalam suatu riwayat yang mengumpulakan Al – qu’an hanay em,pat orang yaitu Ubay Zaid ibn Tsabit – Abu zaid dan Muadz, pada satu riwayat Abu Darda’ maka saya berkata “ Riwayat pertama itu tidak menentukan penghafal Al – qur’an hanya 4 orang saja. Ruwayat yang ke dua karena tidak dapt diambil lahirnya, berlawanan yang telah lalu, perlu di ta’wilkan maka yang dimaksudakan dengan hany 4 orang saja menghafalnya ialah hanya 4 orang saja yang mengahafal dalam seluruh qira’at ( macamnya ), atau yang menrima langsung dari Rasul, atau yang terus menerima pada tiap – tiap turun ayat.


D. SAHABAT SAHABAT YANG MENJADI GURU MENGAJARKAN AL – QUR’AN


Diantara sahabat yang terkenal sebagai guru mengajarkan Al –qur’an kepada sesamanya dan para tabi’in ialah :


1. Usman ibn Affan r.a

2. Ali ibn Abi thalib r.a

3. Ubay ibn ka’ab

4. Zaid ibn tsabit

5. Ibnu mas’ud

6. Abu Darda’

7. Abu musa al asy ari’ary


Tujuh sahabat besar inilah yang terkenal sebagai pengajar Al – qur’an di masa nabi SAW dan sesudahnya






E. CARA SAHABAT MENGEMBANGKAN AL – QUR’AN DAN CARA MEREKA MEMPELAJARINYA

            Para sahabat di kala islam masih di sembunyikan, mempelajari  Al qur’an di suatu rumah ( rumah Zaid ibn Al arqam ) di sanalah mereka duduk berkumpul mempelajari dan memahamkan ayat – ayat yang telah di turunkan itu dengan jalan mudarasah

            Abu darda’ pada tiap- tiap beliau bersembahyang di jami’ bani umayyahdi demaskus, berkerumun ( berkumpul ) manusia di sekelilingnyan untuk mempelajari Al- qur’an ,dan jumlah Abu darda’ yaitu sekitar 1600 lebih.


F.  PEGANGAN UMAT DALAM MENUKILKAN AL- QUR’AN.

            Kata Al Imamul jajary: yang di pegangi di dalam penukilan Al-qura’an, ialah hapalan bukan tulisan.

            Inilah suatu keistimewaan yang paling mulia yang di berikan Allah khusus kepada umat islam ini.

            Tuhan telah menerangkan, bahwa alqur’an tidak perlu untuk memeliharanya dengan lembaran yang dapat di basuh dengan air. Tetapi di hapal dalam segala waktu. Sebagai mana yang telah di terangkan Tuhan mengenai sifat umat Al- quran yaitu “anajiluhum fi sudurihim” injil –injil mereka didalam dadanya.

            Imam Abu ‘ubaid Al qasim ibn salam dalam kitab qiraat telah menerangkan nama –nama shahabiy yang telah mengumpulkan seluruh Al – quran.

Kata Asy syathiby  dalam Al aqilah senantiasa Al – qura’an itu dihafal oleh para sahabat sejak dari permulaan diturunkannya hingga seterusnya. Para sahabat terus menerus memberi perhatian dan bercepat – cepat menghafal Al – quran, serta menshahihkan hafalannya, tajwidnya dan memeriksa cara qiraatnya, sejak dari permulaan Al – quran diturunkan hingga akhirnya.



DAFTAR PUSTAKA


Muqaddimah Jami’ul Bayan ( Imam Ibnu Athabaiy ).

Muqaddimah Ruhul Mu’ani (Allamah Al Alusy ).

Ilmu Al – qur’an TAFSIR.

Sejarah dan pengantar Ilmu Al – qur’an.




















                                                           
Advertisement

0 Response to "KEUTAMAAN MENGHAFAL AL-QUR’AN"

  • Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai dengan isi konten.
  • Komentar yang tidak diperlukan oleh pembaca lain [spam] akan segera dihapus.
  • Apabila artikel yang berjudul "KEUTAMAAN MENGHAFAL AL-QUR’AN" ini bermanfaat, share ke jejaring sosial.
Konversi Kode