Advertisement
هَمْزَتَا الْقَطْعِ
HAMZAH QATHA’
A. Pengertian Hamzah Qatha’
Hamzah Qatha’ berupa Hamzah yang selalu diucapkan dengan ber-harkah fathah, dhammah atau kasrah. Tidak gugur pengucapannya baik di awal permulaan kalimat atau ditengah-tengah kalimat. Dan tidak gugur sekalipun berada diantara dua kalimah yang tersambung. tertulis di atas Alif bilamana berharkah fathah atau dhammah, dan dibawah Alif bilamana berharkah kasrah. Bentuknya seperti bentuk kepala Ain (ء). Hamzah Qatha’ terdapat pada selain kategori kalimah-kalimah yang telah disebutkan diatas sebagai Hamzah washal. baik pada kalimah Fi’il, Kalimah Isim dan Kalimah Huruf.
1. Hamzah Qatha’ yang terdapat pada kalimah Fi’il:
a) Terdapat pada Fi’il Madhi 4 huruf yang berwazan أَفْعَلَ
FI’IL AMAR RUBA’I
SEMUA FI’IL MUDHARI’ DG HAMZAH MUDHARA’AH
FI’IL MADHI RUBA’I
أَكْرِمْ
أَفْتَحُ – أُكْرِمُ – أَتَعَلَّمُ – أَسْتَخْرِجُ
أَكْرَمَ
b) Terdapat pada Fi’il Mudhari’ yang diawali Hamzah Mudhara’ah (tanda mutakallim/ orang pertama tunggal)
FI’IL AMAR RUBA’I
SEMUA FI’IL MUDHARI’ DG HAMZAH MUDHARA’AH
FI’IL MADHI RUBA’I
أَكْرِمْ
أَفْتَحُ – أُكْرِمُ – أَتَعَلَّمُ – أَسْتَخْرِجُ
أَكْرَمَ
c) Terdapat pada Fi’il Amar 4 huruf yang berwazan أَفْعَلَ
FI’IL AMAR RUBA’I
SEMUA FI’IL MUDHARI’ DG HAMZAH MUDHARA’AH
FI’IL MADHI RUBA’I
أَكْرِمْ
أَفْتَحُ – أُكْرِمُ – أَتَعَلَّمُ – أَسْتَخْرِجُ
أَكْرَمَ
d) Terdapat pada Fi’il Madhi Tsulatsi Bina’ Mahmuz
FI’IL MADHI TSULATSI MAHMUZ
FI’IL MADHI TSULATSI MAHMUZ
FI’IL MADHI TSULATSI MAHMUZ
أَدَمَ
أَخَذَ
أَمَرَ
أَثَرَ
أَثِمَ
أَدُبَ
2. Hamzah Qataha’ yang terdapat pada kalimah Isim :
a) Semua kalimah Isim yang berawalah Hamzah , tentunya Hamzah Qatha’, selain pada ”Isim yg sepuluh” dan “Isim Masdar dari kalimah Fi’il Khumasi dan Sudasi”
IDZA SYARAT
ISIM DHAMIR
ISIM DHAMIR
ISIM ZHAHIR
ISIM ZHAHIR
إذَا
أنْتَ
أنَا
أَحْمَدُ
3. Hamzah Qatha’ yang terdapat pada kalimah Huruf:
a) Semua Kalimah Huruf yang berawalah Hamzah tentunya Hamzah Qatha’, kecuali huruf “AL” Pema’rifah.
KALIMAH HURUF
KALIMAH HURUF
KALIMAH HURUF
KALIMAH HURUF
KALIMAH HURUF
إِلاَّ
إِلَى
إِذْ
إِذَنْ
إِذْماَ
أَوْ
إِنَّ
إِنْ
أَماَ
أَمْ
B. Kaidah Hamzah Qatha’
1) Hamzah Qatha’ ditulis dengan alif pada awal kalimat,
2) Hamzah Qatha’ dibaca dimana pun tempatnya baik di awal, di tengah, maupun di akhir kalimat dan ditulis di atas alif dengan tanda ” عـ “ kecil sehingga tertulis menjadi ” أ “
C. Tempat – Tempat Hamzah Qatha’
1. Pada semua isim (kecuali yang tertulis dengan hamzah washal seperti yang telah dijelaskan di atas) dan dhamir yang diawali dengan huruf hamzah dan إذا syartiyyah. Contoh: إبراهيم ، أحمد ، أنا ، أنت ، إذا
2. Pada Fi’il Madhi, fi’il Amar, dan Mashdar dari fi’il Ruba’ie seperti: أكرم ـ أكرْم ـ إكرام ، أحسن ـ أحْسن ـ إحسان Fi’il Mudhari’ yang diawali dengan hamzah (mengandung dhamir أنا ) seperti: : أستعملُ ـ أستعينُ ـ أنعطفُ ـ أستشيرُ ـ أتعلمُ dan semua huruf yang diawali hamzah (selain huruf “ أل ” seperti yang telah dijelaskan di bab hamzah washal) seperti: : إلى ـ إنما ـ إنَّ ـ أنَّ ـ إنْ ـ أن ـ إذ ما
DAFTAR PUSTAKA
Ali Sulaiman, Abdurrahman. Taudiih al-Maqoosid wa al-Masaalik biSyarhi Alfiyah Ibn Malik. Madinah: Darul Fikr al-‘Arobiy. 2001.
Jamil Al-Zu’by, Yusuf. Al-Mu’jam Al-Waafii fii Adawaat An-Nahwi Al-‘Aroby. Mesir: Darul Amal. 1993.
nahwusharaf.wordpress.com
Advertisement
1 Response to "HAMZAH QATHA’"
Ka untuk referensi kitabnya atau bentuk pdfnya ngambil dimana, boleh dishare kah ka
Balas